Perangkat Keras Komputer

Berikut sekilas informasi tentang Perangkat keras komputer

(Bersumber dari http://tech.dbagus.com/perangkat-keras-komputer-beserta-fungsinya)

Mainboard atau Motherboard
motherboard
Mainboard atau disebut juga sebagai motherboard adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk penghubung semua perangkat komputer lainnya dalam bentuk papan induk. Jadi semua perangkat prosesor, RAM, harddisk, dan masih banyak lagi yang terhubung menjadi satu pada papan induk ini.
Processor
processor
Processor dapat dibilang sebagai otaknya sebuah komputer. Karena pada setiap proses yang masuk maupun yang keluar diproses oleh Processor. Oleh karena itu tak heran jika Processor merupakan perangkat keras yang cukup mudah untuk cepat panas. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Processor dilindungi oleh perangkat keras lainnya dengan nama Heatsink Fan (kipas pendingin).
Harddisk
harddisk
Tentunya anda pernah mendengar kata “Harddisk”, karena saat ini tidak hanya tersedia harddiksk Internal saja, melainkan Harddisk Eksternal sudah banyak tersedia di pasaran. Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data berupa file, atau data lainnya pada komputer. Dengan adanya harddisk, kita sebagai pengguna dapat menyimpan data apa saja selama kapasitas harddisk masih mencukupi. Macam-macam harddisk misalnya seperti ATA, SATA, serta SCSI.
RAM
ram
RAM merupakan alat penyimpanan data sementara pada komputer (Baca Juga Perbedaan RAM dan ROM). Perintah data dan proses lainnya disimpan sementara di memory ini selama program dan komputer masih berjalan atau menyala. Jika komputer di restart atau di shutdown maka semua yang tersimpan di RAM akan hilang, sehingga tak bersifat permanen.
Power Supply
Power Supply
Power Supply adalah perangkat yang terhubung langsung dengan aliran listrik pada komputer, ketika komputer menyala maka Power Supply akan bekerja. Fungsi dari Power Supply adalah sebagai pemberi daya listrik yang dapat merubah tegangan seperti AC menjadi DC. Jika Power Supply maka komputer tidak bisa menyala.
Monitor
monitor
Tentunya perangkat keras yang satu ini sudah banyak orang mengetahuinya. Monitor merupakan salah satu alat output berupa tampilan visual yang terhubung dengan video card dan CPU.
VGA Card
VGA Card
Perangkat keras ini berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas pada gambar. Semakin besar spesifikasi dan kualitas dari VGA Card ini maka akan semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan.
Keyboard
Keyboard
Keyboard berupa papan ketik yang berfungsi untuk menampilkan output pada layar monitor berupa angka, simbol, huruf maupun perintah shortcut yang dapat dijalankan melalui keyboard.
Mouse
mouse
Nama Mouse bukan berarti tikus dalam istilah bahasa Inggris, melainkan perangkat keras yang bentuknya seperti tikus yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar monitor serta melakukan perintah dengan cara meng-kliknya.
Nah itulah pembahasan mengenai perangkat keras komputer beserta fungsinya, perangkat keras di atas merupakan komponen dasar pada komputer yang harus anda ketahui, bagi anda yang ingin belajar komputer. Sekian dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebijakan & Regulasi Tentang Guru

Pembinaan Guru

Penggunaan Media Games Puzzle