MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND CHECK

Judul :

PENELITIAN TINDAKAN KELAS :

MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND CHECK PADA SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020”


ABSTRAK



Penelitian dengan judul : Meningkatkan Pemahaman terhadap Menu dan Ikon Microsoft Excel Melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan Tahun Pelajaran 2019/2020”, Penelitian ini mempunyai masalah Bagaimana proses Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check untuk meningkatkan hasil belajar mapel informatika pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan Tahun Pelajaran 2019/2020 ? dan Bagaimana Tingkat Pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan Tahun Pelajaran 2019/2020 setekah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check ?. Penelitian ini bertujuan Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan adalah untuk mengetahui: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check untuk meningkatkan hasil belajar mapel informatika pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Dan Peningkatan pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini secara spesifik dilaksanakan di kelas VIIA MTs Muhammadiyah Pekajangan. Jumlah keseluruhan siswa di kelas VIIA adalah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check adalah sebagai berikut : (1) Bekerja berpasangan, (2) Pelatih mengecek, (3) Bertukar peran, (4) Pasangan mengecek, (5) Penegasan Guru. Setelah diterapkan Penelitian ini menunjukan bahwa tingkat proses pembelajaran mengalami peningkatan setalah dilakukan tindakan. Hal ini terbukti dari hasil observasi oleh 3 observer, pembelajaran dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Check senantiasa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, yakni pada siklus 1 berada pada rata-rata 2,09 atau kategori Baik dan pada siklus 2 mengalamai kenaikan, yakni berada pada rata-rata 2,79 atau kategori tingkatan sangat baik. Sedang pada peningkatan pemahaman, penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Hal ini terbukti dari hasil belajar menunjukan Persentase siswa yang belum tuntas mengalami penurunan dari kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 (dari 89, menjadi 54% dan menjadi 7%. Persentase siswa yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 (dari 11%, menjadi 46% dan menjadi 93%). Indikator keberhasilan PTK ini adalah, bahwa PTK ini dikatakan berhasil jika persentase siswa yang nilai hasil belajarnya sudah tuntas mencapai minimal 85%. Dari tabel menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya tuntas sudah mencapai 93%, maka PTK sudah berhasil. 


Key Word : Think Pair and Check, Hasil Belajar, Microsoft Excel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebijakan & Regulasi Tentang Guru

Pembinaan Guru

Penggunaan Media Games Puzzle