Pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu TBM
ABSTRAK KARYA NYATA
Pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu TBM
Oleh : Muh. Sukron-TBM Sahara
Taman Bacaan Masyarakat merupakan
salah satu program pengembangan literasi berupa minat baca dan tulis yang berupaya mendukung ke arah keberlanjutan
Program Pendidikan Keaksaraan. Untuk memelihara keberlangsungan penyelenggaraan
TBM diperlukan berbagai alternatif dalam pengelolaannya sehingga masyarakat
pada umumnya dan warga belajar khususnya dapat memanfaatkan keberadaan TBM
secara maksimal.
Pengembangan pemanfaatan TBM harus
mendapatkan perhatian bersama agar eksistensi kelembagaan dan peranannya bagi masyarakat
dan warga belajar semakin baik, berkelanjutan dan memberikan manfaat banyak. Peran
semua pihak baik pemerintah maupun
masyarakat sangat strategis dalam upaya
memperdayakan TBM sebagai lembaga yang berasal, dikelola, dan berkembang di
tengah masyarakat, maka dalam rangka memberdayakan masyarakat agar dapat
mandiri, secara kelembagaan pun TBM harus mampu mewujudkan kemandirian itu.
Salah satu pengembangan TBM pun harus mengacu pada faktor up to date
Masalah yang diuraikan pada karya
nyata ini sebagai berikut : a. Apakah yang dimaksud dengan pengembangan Digitalisasi
Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; b. Bagaimanakah deskripsi strategi Digitalisasi
Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; c. Bagaimanakah implikasi strategi Digitalisasi
Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; d. Kendala apa sajakah yang
dihadapai untuk pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM
Sahara?; e. Apa sajakah faktor pendukung dalam membangun Digitalisasi Pelayanan
Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; f. Bagaimanakah tindak lanjut penerapan strategi Digitalisasi
Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?
Pemanfaatan information and
comunication technology (ICT) sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas
layanan dan operasional telah membawa perubahan yang besar di perpustakaan.
Perkembangan dari penerapan information and comunication (ICT) dapat diukur
dengan telah diterapkannya atau digunakannya sebagai sistem informasi manajemen
(SIM) perpustakaan atau automasi perpustakaan dan perpustakaan digital (digital
library).
Berpijak dari pemikiran tersebut
kami berusaha mengembangkan digitalisasi pelayanan terpadu di TBM dengan
memanfaatkan penggunaan media informasi dan komunikasi yang sudah frendly
seperti pembuatan webblog, pembuatan akun group facebook dan membuat program
aplikasi yang dapat memberikan kemudahan pelayanan. Kemudahan yang dimaksud
adalah dengan mengembangkan program yang dapat digunakan secara frendly
(bersahabat) dengan perkembangan zaman dan pengetahuan. Kemudahan yang ada juga
diarahkan pada peningkatan profesionalitas pelayanan melalui pemanfaatan
teknologi komputer.
DPT
ini merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi informasi di TBM. Aplikasi
ini diadakan dengan tujuan efektifitas waktu, tempat dan tenaga serta
memberikan layanan lebih. Hasil dan dampak strategi ini salah satunya adanya
bank data dalam bentuk manual dan tersimpan di media elektronik komputer,
bahkan sampai kini TBM Sahara telah memiliki lokasi milik sendiri.
Komentar
Posting Komentar