Pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu TBM



ABSTRAK KARYA NYATA

Pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu TBM
Oleh : Muh. Sukron-TBM Sahara

Taman Bacaan Masyarakat merupakan salah satu program pengembangan literasi berupa minat baca dan tulis  yang berupaya mendukung ke arah keberlanjutan Program Pendidikan Keaksaraan. Untuk memelihara keberlangsungan penyelenggaraan TBM diperlukan berbagai alternatif dalam pengelolaannya sehingga masyarakat pada umumnya dan warga belajar khususnya dapat memanfaatkan keberadaan TBM secara maksimal.
Pengembangan pemanfaatan TBM harus mendapatkan perhatian bersama agar eksistensi kelembagaan dan peranannya bagi masyarakat dan warga belajar semakin baik, berkelanjutan dan memberikan manfaat banyak. Peran  semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat  sangat strategis dalam upaya memperdayakan TBM sebagai lembaga yang berasal, dikelola, dan berkembang di tengah masyarakat, maka dalam rangka memberdayakan masyarakat agar dapat mandiri, secara kelembagaan pun TBM harus mampu mewujudkan kemandirian itu. Salah satu pengembangan TBM pun harus mengacu pada faktor up to date
Masalah yang diuraikan pada karya nyata ini sebagai berikut : a. Apakah yang dimaksud dengan pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; b. Bagaimanakah deskripsi strategi Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; c. Bagaimanakah implikasi strategi Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; d. Kendala apa sajakah yang dihadapai untuk pengembangan Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; e. Apa sajakah faktor pendukung dalam membangun Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?; f. Bagaimanakah tindak lanjut penerapan strategi Digitalisasi Pelayanan Terpadu (DPT) di TBM Sahara?
Pemanfaatan information and comunication technology (ICT) sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas layanan dan operasional telah membawa perubahan yang besar di perpustakaan. Perkembangan dari penerapan information and comunication (ICT) dapat diukur dengan telah diterapkannya atau digunakannya sebagai sistem informasi manajemen (SIM) perpustakaan atau automasi perpustakaan dan perpustakaan digital (digital library).
Berpijak dari pemikiran tersebut kami berusaha mengembangkan digitalisasi pelayanan terpadu di TBM dengan memanfaatkan penggunaan media informasi dan komunikasi yang sudah frendly seperti pembuatan webblog, pembuatan akun group facebook dan membuat program aplikasi yang dapat memberikan kemudahan pelayanan. Kemudahan yang dimaksud adalah dengan mengembangkan program yang dapat digunakan secara frendly (bersahabat) dengan perkembangan zaman dan pengetahuan. Kemudahan yang ada juga diarahkan pada peningkatan profesionalitas pelayanan melalui pemanfaatan teknologi komputer.
DPT ini merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi informasi di TBM. Aplikasi ini diadakan dengan tujuan efektifitas waktu, tempat dan tenaga serta memberikan layanan lebih. Hasil dan dampak strategi ini salah satunya adanya bank data dalam bentuk manual dan tersimpan di media elektronik komputer, bahkan sampai kini TBM Sahara telah memiliki lokasi milik sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebijakan & Regulasi Tentang Guru

Pembinaan Guru

Penggunaan Media Games Puzzle