UPAYA PENGGUNAAN MEDIA GAMES PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA Oleh : Muh.Syukron – Guru MTs Muhammadiyah Pekajangan A. Konsep Dasar Pembelajaran Menggunakan Media Games Puzzle 1. Definisi Belajar dan Pembelajaran Definisi belajar adalah aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan dan nilai sikap dan perubahan itu bersifat realiti. (Winkel, 1989:36). Dipertegas dalam Hilgard dan Bower (1975) mengemukakan belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu. Dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya). Lebih lanjut secara psikologi, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan di dalam tingkah l
Komentar
Posting Komentar