Profil MTs M Pekajangan



PROFIL MADRASAH
Nama Sekolah                                    : MTs Muhammadiyah Pekajangan
Alamat                                                : Ambokembang Gg 09 No 04
Kecamatan                                         : Kedungwuni
Kabupaten                                          : Pekalongan
1.    Nama dan alamat Yayasan /           : Muhammadiyah Cabang Pekajangan Bagian Dikdasmen
    Penyelenggaraan Sekolah  
2. NIS / NSM                                     : NIS : 210 120 / NSM : 1 2 1 2 3 3 2 6 0 0 0 5
3. Jenjang akreditasi                            : Terakreditasi A
4. Tahun didirikan                               : 1953
5. Tahun beroperasi                             : 1953
6. Status tanah                                    : Milik sendiri
    a. Surat ijin kepemilikan tanah        : Sertifikat / Akte / GS. 323 / III Tahun 1982
    b. Luas tanah                                 : 4930 m2        
7. Status Bangunan                            : Milik sendiri
    a. Surat ijin bangunan                     : No.1461 / IZ / KDH / BANG / 1988
    b. Luas bangunan                            : 1260 m2        
8. Jumlah siswa dalam 3 ( tiga ) tahun terakhir
    a. Data Siswa
    
Kelas
Jumlah Siswa
Ket
2010/2011
2011/2012
2012/2013
7
110
107
98

8
84
98
99

9
80
75
89

Jumlah
274
280
286


9. Data Ruang
   a. Kelas 7                 3 ruang                        : kondisi baik
   b. Kelas 8                 3 ruang                        : kondisi baik
   c. Kelas 9                 3 ruang                        : kondisi baik 

10. Data Rombongan Belajar
      a. Kelas     7                                  : 3 Rombongan belajar
      b. Kelas     8                                  : 3 Rombongan belajar
      c. Kelas     9                                  : 3 Rombongan belajar
11. GURU
      a. Jumlah Guru                              : 23 orang
      b. Guru Tetap Yayasan                 :  2 orang
      c. Guru Tidak Tetap                      : 13 orang
      d. Guru PNS / DPK                      :  8 orang
      e. Staf Tata Usaha                         :  4 orang
      f. Pesuruh Sekolah                        :  1 orang
      g. Penjaga Malam                         :  1 orang  
12. Sumber Dana Operasional dan Perawatan
      a. BOS / SPP / BP3 / Yayasan / Subsidi / Lainnya





                                                                                                                 Ambokembang,  Juli 2012
                                                                                                              Kepala MTs Muh Pekajangan

                                                                                                                     SUMARNO, S.Pd.I
                                                                                                                       NIP. - - - -




VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

A.    Visi
Sejalan  dengan  Visi Pendidikan Nasional dan Muhammadiyah maka Visinya :
 “MEWUJUDKAN MADRASAH YANG BERBASIS RELIGI, BERPRESTASI DAN PEDULI”
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang ada yaitu :
a)    Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi yang ada
b)    Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
c)     Ingin mencapai keunggulan
d)    Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah
e)     Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
f)      Mengarahkan langkah-langkah strategis madrasah.
Indikator dari VISI tersebut adalah :
1)    Terwujudnya iklim suasana yang berbudaya islami bagi seluruh warga madrasah.
2)    Terciptanya Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang unggul
3)    Terwujudnya Pembelajaran dan bimbingan secara efektif
4)    Meningkatnya pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
5)    Terwujudnya Inovasi Pembelajaran
6)   Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik dengan dilandasi Imtaq
7)   Terwujudnya sistem pendidikan yang mengembangan kepedulian lingkungan hijau (Green School) dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat.
8)   Terciptanya proses pembelajaran yang memberikan pembinaan kepedulian lingkungan.
B.     Misi
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi yang merupakan kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.
1)        Mewujudkan iklim suasana yang berbudaya islami bagi seluruh warga madrasah
a.    Semua siswa perempuan menggunakan seragam dengan berjilbab standar
b.    Di lingkungan madrasah semua warga harus mengucapkan salam apabila bertemu
c.    Melaksanakan kegiatan keagamaan yang diprogramkan secara terencana, terarah, teratur dan berkesinambungan yang pelaksanaanya dapat berkolaborasi dengan pesantren
d.   Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang Imtaq (pembimbingan kerohanian di madrasah)
2)        Mengoptimalkan Pemberdayagunaan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
a.         Melaksanakan pelatihan guru mata pelajaran
b.         Melatih kompetensi guru melalui kegiatan MGMP
c.         Melatih guru dalam pembelajaran TIK
d.        Melatih TU dalam penguasaan TIK
3)        Melaksanakan Pembelajaran dan bimbingan secara efektif agar siswa dapat berkembang lebih optimal
a.         Melaksanakan pengembangan metode pembelajaran (proses) di madrasah
b.         Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
c.         Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT).
4)        Mengembangkan dan Mengoptimalkan Pengembangan Kurikulum
a.         Melaksanakan pengembangan KTSP
b.         Melaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran dan silabus dan RPP
c.         Melaksanakan pengembangan sistem penilaian
d.        Melaksanakan pengembangan kurikulum muatan lokal
5)        Melaksanakan pengembangan inovasi dalam pembelajaran
a.         Mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru
b.         Membuat model pembelajaran (metode, pendekatan, strategi dsb)
c.         Menciptakan media pembelajaran
6)        Memanfaatkan sarana/.media pembelajaran yang tersedia
a.         Melaksanakan pengembangan kegiatan Akademik dan non akademik
b.         Melaksanakan remedial terhadap mata pelajaran sesuai dengan program dan perangkat pembelajaran yang telah dilaksanakan
c.         Melaksanakan pengayaan bagi mata pelajaran yang di UN kan
d.        Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang wiyata mandala.
e.         Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesehatan madrasah
f.          Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang kesenian dan keterampilan
g.         Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang olah raga
h.         Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang pramuka (kepanduan)
7)        Mewujudkan sistem pendidikan yang mengembangan kepedulian lingkungan hijau (Green School) dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat
a.    Tersedianya taman akademis / apotek hidup di lingkungan sekolah yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
b.    Penataan lingkungan melalui penanaman pohon yang rindang.
c.    Penataan lingkungan yang nyaman, kondusif dan aman.
8)        Terciptanya proses pembelajaran yang memberikan pembinaan kepedulian lingkungan
a.         Membiasakan tepat datang, tepat masuk, tepat istirahat dan tepat pulang untuk semua warga madrasah
b.         Penataan dan pemenuhan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang KBM
C.    Tujuan Madrasah
Tujuan yang akan dicapai madrasah antara lain :
1.      Semua guru, TU, karyawan dan siswa selalu membiasakan perilaku budaya islami dalam berinteraksi di lingkungan madrasah
2.      Menjadikan kegiatan IMTAQ sebagai kegiatan yang dapat menjadi contoh di tingkat kecamatan
3.      Madrasah memiliki standar sarana dan prasarana /fasilitas madrasah meliputi; semua sarana dan prasarana, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
4.      Pengelolaan manajemen madrasah dapat terkoordinir dengan baik sesuai standar pengelolaan manajemen pendidikan
5.      Madrasah dapat mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi rata-rata S1, dapat dan atau telah mengikuti PTK, semua mengajar sesuai bidangnya, terampil dalam melakukan PTK dan trampil dalam pembelajaran yang berbasis TIK
6.      Semua guru telah mengembangkan dan memiliki serta melaksanakan perangkat mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku
7.      Proses pembelajaran dapat mencapai standar proses pembelajaran dengan strategi CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, dll
8.      Semua guru terlatih dalam melakukan inovasi pembelajaran
9.      Kompetensi kelulusan siswa dapat memperoleh nilai rata-tara Ujian Nasional mencapai 7,50
10.  Madrasah memiliki peserta didik dengan kompetensi yang handal dan dapat bersaing dengan sekolah lain baik secara akademik dan non akademik.
11.  Menjadikankan madrasah yang bersih, indah, nyaman dan sehat sesuai dengan sistem manajemen lingkungan hijau (Green School).
 


KEADAAN GURU DAN PEGAWAI
MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Tahun 2012/2013
Keadaan Guru

No

Nama

Status

L/P

Tanggal lahir

Pendidikan

TMT

Mapel
1
Sumarno, S.Pd.i
Kamad
P
16 / 04 / 1983
S1 ‘05
01 / 07 / 2005
Fiqih
2
Arief  Budiman, S.Ag
DPK
L
02 / 07 / 1975
S1 ‘00
01 / 07 / 2001
Aqidah Akhlaq
3
Muh. Sukron, S.Pd I
DPK
L
06 / 04 / 1979
S1 ‘03
01 / 07 / 2003
TIK
4
Any Nur Baya, S.Pd
DPK
P
08 / 09 / 1980
S1 ‘03
01 / 07 / 2003
Bhs. Indonesia
5
Dina Kamilia Sari, S.Pd
DPK
P
02 / 09 / 1979
S1 ‘02
01 / 09 / 2003
Bhs. Inggris
6
Zuli Astutik, S.E
DPK
P
01 / 07 / 1978
S1 ‘02
01 / 07 / 2009
IPS
 7
Siti Khomsah, A.Md
GTY
P
08 / 07 / 1965
DIII ‘89
01 / 07 / 1998
IPA
8
Mohammad Tobi’in
GTT
L
01 / 03 / 1978
PP ‘98
01 / 07 / 2001
Bhs. Arab
9
Sodik Samiarso, S.Pd
GTT
L
30 / 11 / 1971
S1 ‘97
01 / 07 / 2003
IPS
Bhs. Indonesia
10
Saifurrakhman, SHI
GTT
L
22 / 11 / 1983
S1’09
01 / 07 / 2005
B.Arab&Penjas
11
Enik Maftukhah, S.Pd I
GTT
P
27 / 06 / 1981
S1 ‘06
01 / 07 / 2006
SKI
12
Tri Maya Sari, S.Pd
GTT
P
22 / 09 / 1983
S1 ’06
01 / 07 / 2006
Matematika
13
Mauidhatul Khasanah, S.Pd
GTT
P
07 / 07 / 1985
S1 ’07
01 / 07 / 2008
Matematika
14
Rina Mardikawati, S. Pd
GTT
P
17 / 08 / 1986
S1’08
01 / 07 / 2010
Kesenian
15
Zuli Astutik, S.E
DPK
P
17 / 08 / 1986
S1’00
01 / 07 / 2010
IPS
16
Herman Firmansyah, S. Kom
GTT
L
08 / 04 / 1987
S1’10
01 / 07 / 2011
TIK
17
Umi Hani, S.Ag
DPK
P
01 / 02 / 1968
S1’98
01 / 07 / 2011
Al-Qur'an Hadits
18
Ika Budiarti, S.Pd
GTT
P
08 / 04 / 1987
S1’10
01 / 07 / 2011
B.Jawa
19
Titik Susilowati, S.Pd
GTT
P
01 / 02 / 1968
S1’98
01 / 07 / 2011
PKn

                                                                        
Keadaan Pegawai                                                                                                                                         
No

Nama

Status

L/P

Tanggal lahir

Pendidikan

TMT

Ket
1.
Sunanto
TU
L
05 / 04 / 1965
SMEA ’82
01 / 07 / 1983

2.
Dumirah
TU
P
18 / 11 / 1961
MAN ’81
01 / 07 / 1985

3.
Ika Rochmaniar, A. Md
TU
P
15 / 06 / 1979
DIII ‘01
01 / 07 / 2002

4.
Dewi Khusnalia, A. Md
TU
P
18 / 03 / 1980
DIII ’01
01 / 07 / 2010

5.
Sariyah
Pesuruh
P
30 / 12 / 1947
SD
01 / 07 / 1983

6.
Sah Slamet
Pejaga Malam
L
24 / 05 / 1967
SD
01 / 07 / 2008

Kepala MTs Muh Pekajangan

                                                                                                                 SUMARNO, S.Pd.I
                                                                                                                   NIP. - - - -

Postingan populer dari blog ini

Kebijakan & Regulasi Tentang Guru

Pembinaan Guru

Etika Profesi Guru