Profil MTs M Pekajangan
PROFIL MADRASAH
Nama Sekolah : MTs Muhammadiyah Pekajangan
Alamat : Ambokembang Gg 09 No 04
Kecamatan : Kedungwuni
Kabupaten : Pekalongan
1. Nama dan alamat Yayasan / : Muhammadiyah Cabang Pekajangan Bagian Dikdasmen
Penyelenggaraan Sekolah
2. NIS / NSM : NIS : 210 120 / NSM : 1 2 1 2 3 3 2 6 0 0 0 5
3. Jenjang akreditasi : Terakreditasi A
4. Tahun didirikan : 1953
5. Tahun beroperasi : 1953
6. Status tanah : Milik sendiri
a. Surat ijin kepemilikan tanah : Sertifikat / Akte / GS. 323 / III Tahun 1982
b. Luas tanah : 4930 m2
7. Status Bangunan : Milik sendiri
a. Surat ijin bangunan : No.1461 / IZ / KDH / BANG / 1988
b. Luas bangunan : 1260 m2
8. Jumlah siswa dalam 3 ( tiga ) tahun terakhir
a. Data Siswa
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
Ket
| ||
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
| ||
7
|
110
|
107
|
98
| |
8
|
84
|
98
|
99
| |
9
|
80
|
75
|
89
| |
Jumlah
|
274
|
280
|
286
|
9. Data Ruang
a. Kelas 7 3 ruang : kondisi baik
b. Kelas 8 3 ruang : kondisi baik
c. Kelas 9 3 ruang : kondisi baik
10. Data Rombongan Belajar
a. Kelas 7 : 3 Rombongan belajar
b. Kelas 8 : 3 Rombongan belajar
c. Kelas 9 : 3 Rombongan belajar
11. GURU
a. Jumlah Guru : 23 orang
b. Guru Tetap Yayasan : 2 orang
c. Guru Tidak Tetap : 13 orang
d. Guru PNS / DPK : 8 orang
e. Staf Tata Usaha : 4 orang
f. Pesuruh Sekolah : 1 orang
g. Penjaga Malam : 1 orang
12. Sumber Dana Operasional dan Perawatan
a. BOS / SPP / BP3 / Yayasan / Subsidi / Lainnya
Ambokembang, Juli 2012
Kepala MTs Muh Pekajangan
SUMARNO, S.Pd.I
NIP. - - - -
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
A. Visi
Sejalan dengan Visi Pendidikan Nasional dan
Muhammadiyah maka Visinya :
“MEWUJUDKAN MADRASAH YANG
BERBASIS RELIGI, BERPRESTASI DAN PEDULI”
Visi
tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang ada yaitu :
a)
Berorientasi
ke depan dengan memperhatikan potensi yang ada
b)
Sesuai
dengan norma dan harapan masyarakat
c)
Ingin mencapai keunggulan
d)
Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga
madrasah
e)
Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
f)
Mengarahkan langkah-langkah strategis
madrasah.
Indikator
dari VISI tersebut adalah :
1)
Terwujudnya
iklim suasana yang berbudaya islami bagi seluruh warga madrasah.
2)
Terciptanya
Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang unggul
3)
Terwujudnya
Pembelajaran dan bimbingan secara efektif
4)
Meningkatnya
pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
5)
Terwujudnya
Inovasi Pembelajaran
6)
Terwujudnya
peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik dengan
dilandasi Imtaq
7)
Terwujudnya
sistem pendidikan yang mengembangan kepedulian lingkungan hijau (Green School)
dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat.
8)
Terciptanya
proses pembelajaran yang memberikan pembinaan kepedulian lingkungan.
B. Misi
Untuk
mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi yang merupakan kegiatan
jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan
berdasarkan visi di atas.
1)
Mewujudkan
iklim suasana yang berbudaya islami bagi seluruh warga madrasah
a.
Semua
siswa perempuan menggunakan seragam dengan berjilbab standar
b.
Di
lingkungan madrasah semua warga harus mengucapkan salam apabila bertemu
c.
Melaksanakan
kegiatan keagamaan yang diprogramkan secara terencana, terarah, teratur dan
berkesinambungan yang pelaksanaanya dapat berkolaborasi dengan pesantren
d.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang Imtaq (pembimbingan kerohanian di madrasah)
2)
Mengoptimalkan
Pemberdayagunaan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
a.
Melaksanakan
pelatihan guru mata pelajaran
b.
Melatih
kompetensi guru melalui kegiatan MGMP
c.
Melatih
guru dalam pembelajaran TIK
d.
Melatih TU
dalam penguasaan TIK
3)
Melaksanakan
Pembelajaran dan bimbingan secara efektif agar siswa dapat berkembang lebih
optimal
a.
Melaksanakan
pengembangan metode pembelajaran (proses) di madrasah
b.
Melaksanakan
pengembangan strategi pembelajaran
c.
Mewujudkan
proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
serta gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT).
4)
Mengembangkan
dan Mengoptimalkan Pengembangan Kurikulum
a.
Melaksanakan
pengembangan KTSP
b.
Melaksanakan
pengembangan perangkat pembelajaran dan silabus dan RPP
c.
Melaksanakan
pengembangan sistem penilaian
d.
Melaksanakan
pengembangan kurikulum muatan lokal
5)
Melaksanakan
pengembangan inovasi dalam pembelajaran
a.
Mengadakan
pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru
b.
Membuat
model pembelajaran (metode, pendekatan, strategi dsb)
c.
Menciptakan
media pembelajaran
6)
Memanfaatkan
sarana/.media pembelajaran yang tersedia
a.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan Akademik dan non akademik
b.
Melaksanakan
remedial terhadap mata pelajaran sesuai dengan program dan perangkat
pembelajaran yang telah dilaksanakan
c.
Melaksanakan
pengayaan bagi mata pelajaran yang di UN kan
d.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang wiyata mandala.
e.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang kesehatan madrasah
f.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang kesenian dan keterampilan
g.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang olah raga
h.
Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang pramuka (kepanduan)
7)
Mewujudkan
sistem pendidikan yang mengembangan kepedulian lingkungan hijau (Green School)
dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat
a.
Tersedianya
taman akademis / apotek hidup di lingkungan sekolah yang bisa dimanfaatkan
sebagai sumber belajar.
b.
Penataan
lingkungan melalui penanaman pohon yang rindang.
c.
Penataan
lingkungan yang nyaman, kondusif dan aman.
8)
Terciptanya
proses pembelajaran yang memberikan pembinaan kepedulian lingkungan
a.
Membiasakan
tepat datang, tepat masuk, tepat istirahat dan tepat pulang untuk semua warga
madrasah
b.
Penataan
dan pemenuhan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang KBM
C. Tujuan Madrasah
Tujuan
yang akan dicapai madrasah antara lain :
1.
Semua
guru, TU, karyawan dan siswa selalu membiasakan perilaku budaya islami dalam
berinteraksi di lingkungan madrasah
2.
Menjadikan
kegiatan IMTAQ sebagai kegiatan yang dapat menjadi contoh di tingkat kecamatan
3.
Madrasah
memiliki standar sarana dan prasarana /fasilitas madrasah meliputi; semua
sarana dan prasarana, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
4.
Pengelolaan
manajemen madrasah dapat terkoordinir dengan baik sesuai standar pengelolaan
manajemen pendidikan
5.
Madrasah
dapat mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru
berkualifikasi rata-rata S1, dapat dan atau telah mengikuti PTK, semua mengajar
sesuai bidangnya, terampil dalam melakukan PTK dan trampil dalam pembelajaran
yang berbasis TIK
6.
Semua guru
telah mengembangkan dan memiliki serta melaksanakan perangkat mengajar sesuai
dengan kurikulum yang berlaku
7.
Proses
pembelajaran dapat mencapai standar proses pembelajaran dengan strategi CTL,
pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, dll
8.
Semua guru
terlatih dalam melakukan inovasi pembelajaran
9.
Kompetensi
kelulusan siswa dapat memperoleh nilai rata-tara Ujian Nasional mencapai 7,50
10. Madrasah memiliki peserta didik dengan kompetensi yang handal dan dapat
bersaing dengan sekolah lain baik secara akademik dan non akademik.
11. Menjadikankan madrasah yang bersih, indah,
nyaman dan sehat sesuai dengan sistem manajemen lingkungan hijau (Green School).
KEADAAN GURU DAN PEGAWAI
MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Tahun 2012/2013
Keadaan Guru
No | Nama | Status | L/P |
Tanggal lahir
| Pendidikan | TMT | Mapel |
1
|
Sumarno, S.Pd.i
|
Kamad
|
P
|
16 / 04 / 1983
|
S1 ‘05
|
01 / 07 / 2005
|
Fiqih
|
2
|
Arief Budiman, S.Ag
|
DPK
|
L
|
02 / 07 / 1975
|
S1 ‘00
|
01 / 07 / 2001
|
Aqidah Akhlaq
|
3
|
Muh. Sukron, S.Pd I
|
DPK
|
L
|
06 / 04 / 1979
|
S1 ‘03
|
01 / 07 / 2003
|
TIK
|
4
|
Any Nur Baya, S.Pd
|
DPK
|
P
|
08 / 09 / 1980
|
S1 ‘03
|
01 / 07 / 2003
|
Bhs. Indonesia
|
5
|
Dina Kamilia Sari, S.Pd
|
DPK
|
P
|
02 / 09 / 1979
|
S1 ‘02
|
01 / 09 / 2003
|
Bhs. Inggris
|
6
|
Zuli Astutik, S.E
|
DPK
|
P
|
01 / 07 / 1978
|
S1 ‘02
|
01 / 07 / 2009
|
IPS
|
7
|
Siti Khomsah, A.Md
|
GTY
|
P
|
08 / 07 / 1965
|
DIII ‘89
|
01 / 07 / 1998
|
IPA
|
8
|
Mohammad Tobi’in
|
GTT
|
L
|
01 / 03 / 1978
|
PP ‘98
|
01 / 07 / 2001
|
Bhs. Arab
|
9
|
Sodik Samiarso, S.Pd
|
GTT
|
L
|
30 / 11 / 1971
|
S1 ‘97
|
01 / 07 / 2003
|
IPS
Bhs. Indonesia
|
10
|
Saifurrakhman, SHI
|
GTT
|
L
|
22 / 11 / 1983
|
S1’09
|
01 / 07 / 2005
|
B.Arab&Penjas
|
11
|
Enik Maftukhah, S.Pd I
|
GTT
|
P
|
27 / 06 / 1981
|
S1 ‘06
|
01 / 07 / 2006
|
SKI
|
12
|
Tri Maya Sari, S.Pd
|
GTT
|
P
|
22 / 09 / 1983
|
S1 ’06
|
01 / 07 / 2006
|
Matematika
|
13
|
Mauidhatul Khasanah, S.Pd
|
GTT
|
P
|
07 / 07 / 1985
|
S1 ’07
|
01 / 07 / 2008
|
Matematika
|
14
|
Rina Mardikawati, S. Pd
|
GTT
|
P
|
17 / 08 / 1986
|
S1’08
|
01 / 07 / 2010
|
Kesenian
|
15
|
Zuli Astutik, S.E
|
DPK
|
P
|
17 / 08 / 1986
|
S1’00
|
01 / 07 / 2010
|
IPS
|
16
|
Herman Firmansyah, S. Kom
|
GTT
|
L
|
08 / 04 / 1987
|
S1’10
|
01 / 07 / 2011
|
TIK
|
17
|
Umi Hani, S.Ag
|
DPK
|
P
|
01 / 02 / 1968
|
S1’98
|
01 / 07 / 2011
|
Al-Qur'an Hadits
|
18
|
Ika Budiarti, S.Pd
|
GTT
|
P
|
08 / 04 / 1987
|
S1’10
|
01 / 07 / 2011
|
B.Jawa
|
19
|
Titik Susilowati, S.Pd
|
GTT
|
P
|
01 / 02 / 1968
|
S1’98
|
01 / 07 / 2011
|
PKn
|
Keadaan Pegawai
No
| Nama | Status | L/P |
Tanggal lahir
| Pendidikan | TMT |
Ket
|
1.
|
Sunanto
|
TU
|
L
|
05 / 04 / 1965
|
SMEA ’82
|
01 / 07 / 1983
| |
2.
|
Dumirah
|
TU
|
P
|
18 / 11 / 1961
|
MAN ’81
|
01 / 07 / 1985
| |
3.
|
Ika Rochmaniar, A. Md
|
TU
|
P
|
15 / 06 / 1979
|
DIII ‘01
|
01 / 07 / 2002
| |
4.
|
Dewi Khusnalia, A. Md
|
TU
|
P
|
18 / 03 / 1980
|
DIII ’01
|
01 / 07 / 2010
| |
5.
|
Sariyah
|
Pesuruh
|
P
|
30 / 12 / 1947
|
SD
|
01 / 07 / 1983
| |
6.
|
Sah Slamet
|
Pejaga Malam
|
L
|
24 / 05 / 1967
|
SD
|
01 / 07 / 2008
|
Kepala MTs Muh Pekajangan
SUMARNO, S.Pd.I
NIP. - - - -